Consistency Please!, Cara Resar Konsisten Bikin Komik

Omah Dongeng Marwah pada Rabu, 5 Februari 2020 mengapresiasi karya M. Zufhar Abdallah Resar kreator dari komik Consistency Please! yang bisa dibaca di Webtoon dan Tapaz.

Dalam kegiatan Apresiasi Karya ODM Episode 1: Proses Kreatif Komik dari ResarDoodles ini dihadiri oleh warga belajar (Orion, Vina, Nunung, Tsaqiva, Lintang,  Radian, Rafa, dan Ilham) dan pendamping ODM ( Bu Dwi, Kak Naviz, dan Kak Arif). ResarDoodles adalah nama akun dari M. Zufhar Abdallah Resar, yang kini duduk di Kelas 11 Paket C di PKBM ODM.

Kegiatan apresiasi ini dibuat agar warga belajar di ODM punya ruang mempresentasikan karya yang sedang ditekuni. Warga belajar dan pendamping duduk melingkar. Saling mendengar dan menanggapi.

Pada episode 1 ini, Orion menjadi moderator. Ada juga penampilan musik dari Lintang (vokal), Rafa (gitar), dan Ilham (cajon) dengan lagu Laskar Pelangi yang dipopulerkan grup band Nidji. Ada pula penampilan lagu baru dari Vina dan Orion yang diiringi piano oleh Tsaqiva.

Resar mengaku komik Consistency Please! ini dibuat agar ia konsisten menggambar. Dipilihlah konsep komik empat panel, dengan tokoh bernama Cory dan Lacey yang diceritakan dengan teks Bahasa Inggris.

“Mungkin teman (ODM) yang lain, banyak yang tidak paham maksud ceritanya. Tapi, hal ini bisa jadi pemicu agar yang lain meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya,” ujar pendamping ODM, Kak Naviz.

Ketika habis libur lebaran 2019, Resar datang ke ODM membawa alat gambar digital. Kemudian ia mulai belajar gambar lewat Youtube dan ikut serta dalam komunitas Art Rebelion Kudus (ARK). Dari situ ia mencoba rutin mengunggah komiknya setiap Selasa, Kamis, dan Minggu.

“Jika kamu membuat sebuah karya dan yang melihat hanya sedikit. Jangan berpikir karyamu jelek. Tapi berpikirlah kalau karyamu punya potensi.” ujar Resar menutup sesi Apresiasi Karya ODM kali ini.

Sekarang, komik Consistency Please! sudah ada 26 episode, dilihat 975 kali di Webtoon dan dilihat 312 kali di Tapaz sejak pertama kali diunggah pada 26 November 2019.