Asikya Belajar Dengan Alam

Sore ini (15/8) anak-anak Omah Dongeng Marwah ke sawah dan penggilingan batu dengan tujuan untuk belajar dengan alam. Mereka adalah Syafa, Aira, Alya, Syifa dan Jihan, kini mereka masih duduk dibangku kelas 4  dan 5. Lokasi yang mereka datangi adalah sekitar daerah Plumbungan,  tidak jauh dari Omah Dongeng Marwah.

Selain mengamati hewan-hewan di sekitar dan mengklasifikasi menurut jenis makannya, mereka juga melakukan wawancara langsung dengan salah satu penjaga tempat penggilingan batu. Beberapa pertanyaan sederhana mereka tanyakan kepada bapak Suwarno, penjaga tempat gilingan batu tersebut. Secara bergiliran, mereka terus bertanya dengan tertawa dan gugup. “Pak Bapak ngapain disini? Dari jam berapa disini pak? Rumah bapak mana?” Rententan pertanyaan terus mereka tanyakan,  sampai mereka tak kenal waktu bahwa hari mulai larut. Akhirnya mereka tutup dengan ucapan terima kasih.

Keinginan untuk terus belajar dengan alam dan berkomunikasi dengan oran lain membuat mereka ketagihan. “Kak besok wawancara lagi ya, jam 15.00 WIB di tempat penggilingan lagi ya,” ucap Aliya.

Mereka anak-anak yang luar biasa, di usia yang masih belia sudah memberanikan  diri untuk berkomunikasi dengan warga sekitar. Meski hari ini anak-anak jatuh terpeleset beberapa kali. Namun mereka sangat menikmati pembelajaran kali ini. Terlihat tawa dan canda mereka. (Kak Ulin)