Mahasiswa UIN Walisongo UTS di ODM

Sebuah bus berwarna hijau muda masuk ke Jalan Ngasinan, Plumbungan, Purworejo, Bae, Kudus. Bus ukuran besar ini cukup makan tempat karena lebar jalan yang menuju Omah Dongeng Marwah (ODM) itu hanya sekitar 4 meter. Sesampai di depan ODM, puluhan penumpangnya yang berjaket almamater warna merah tua turun.

Itulah rombongan mahasiwa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang yang  berkunjung ke Omah Dongeng Marwah Sabtu (6/5). Kunjungan mahasiswa yang terdiri atas mahasiswa Sejarah Peradaban Islam, Pendidikan Matematika kelas 6B-6C, serta Fakultas Sains dan Teknologi ini merupakan kegiatan resmi.

“Sejak saya menjadi dosen, UTS (Ujian Tengah Semester) saya ganti dengan jalan-jalan,” kata Fauzan, dosen yang mendampingi mahasiwa. “Tapi tetap masih ada tugasnya.”

Fauzan menambahkan, kunjungannya bersama mahasiswa untuk mengetahui bagaimana praktik mendongeng dikaitkan dengan pelajaran maun sains.

Adik-adik ODM menyambut kakak-kakak dari UIN Walisongo dengan penampilan Tari Matematika dan dongeng dari Syifa.

“Saya sangat terkesan dengan keberanian adik Syifa dalam membawakan dongeng,” kata Sinta, salah satu mahasiswa.

Kunjungan ini merupakan satu dari dua agenda kegiatan ODM. Agenda berikutnya adalah Kemah Dongeng Pendidikan bersama Sekolah Semai, Jepara yang kegiatannya berlangsung di utara ODM. Setelah di ODM, mahasiswa UIN Walisongo kemudian menuju lokasi perkemahan. Kehadiran mereka sekaligus menyemarakkan Kemah Dongeng Pendidikan.

Di tengah-tengah kegiatan kemah itu dilanjutkan dengan dialog antara ODM dengan mahasiswa. Dalam dialog tersebut Edy Supratno, ketua Omah Dongeng menyampaikan bahwa sampai saat ini cerita-cerita rakyat belum banyak ditulis mahasiswa. “Alangkah baiknya jika cerita di masing-masing desa atau tempat itu ditulis mahasiswa,” ujar Edy.

Menggapi hal tersebut, Fauzan kemudian memberi tugas kepada 55 mahasiswanya untuk menuliskan cerita rakyat sebagai tugas UTS-nya. Setelah tugas tersebut dikumpulkan, rencananya naskah cerita rakyat tersebut akan diberikan kepada ODM.